Minggu, 28 April 2013

ciri-ciri,fungsi serta peran koperasi



MAKALAH

CIRI-CIRI,FUNGSI DAN PERAN KOPERASI



OLEH:



Fulgensius mulia                    2012110018
Sitiana                                    2012110052
Isriani                                     2012110024
Carlota maria.C.G.               2012110010
Rumyani                                2012110042





FALKULTAS EKONOMI
PRODI AKUNTANSI
UNIVERSITAS TRIBHUANA TUNGGADEWI

MALANG
2013



Kata Pengantar

Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan perkenaanNya makalah ini dapat kami selesaikan. makalah ini kami susun dengantujuan untuk membantu memperlancar dan mempermudah dalam penyampaian materiManajemen Koperasi.Meskipun kami telah berusaha menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya,namun kami menyadari bahwasanya makalah ini masih memiliki kekurangan dankesalah-kesalahan. oleh karena itu, segala kritik yang sifatnya membangun dari pihak manapun akan kami terima dengan senang hati.semoga makalah sederhana ini bermanfaat bagi siapa saja dan selamat membaca.















Hormat kami


Kelompok IV
DAFTAR ISI


Kata pengantar ……………………………………………………………………..          2
Daftar isi ……………………………………………………………………………..         3
BAB I PENDAHULUAN
           
1.1. Latar belakang …………………………………………………………..          4
            1.2. Rumusan masalah ………………………………………………………           4
            1.3. Tujuan dan manfaat …………………………………………………….           4
BAB II PEMBAHASAN
            2.1. Pengertian koperasi ……………………………………………………             5
            2.2. Ciri-ciri koperasi ………………………………………………………..            5
            2.3. Fungsi koperasi …………………………………………………………           6
            2.4. Peran koperasi ………………………………………………………….            6
BAB III PENUTUP
            3.1. Kesimpulan ………………………………………………………………         7         
            3.2. Saran ……………………………………………………………………..         7
Daftar pustaka ………………………………………………………………………         8












BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan koperasi di Indonesia terus berkembang. Perkembangan tersebut ditandai dengan banyaknya pertumbuhan koperasi di Indonesia. Tetapi di dalam perkembangan tersebut banyak terjadi ketidak tahunya masyarakat terhadap peran koperasi dalam masyarakat .
Dengan pembuatan makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui pengertian dari koperasi.Apa saja cirri-ciri koperasi, fungsi dan peran koperasi dalam masyarakat.

1.2   Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian koperasi?
2.   Apa cirri-ciri koperasi ?
3.    Apa fungsi koperasi ?
4.    Apa peran koperasi ?


1.3   Tujuan dan Manfaat
1.      Dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam   kelompok dengan baik.
2.      Memberi pelatihan berbasis kompetensi untuk mengembangkan keterampilan mengamati dan mendokumentasikan semua aspek yang berkaitan dengan koperasi di Indonesia.
4.      Mengetahui pengertian koperasi.
5.      Mengetahui cirri-ciri koperasi.
6.      Mengetahui fungsi koperasi.
7.     Mengetahuai peran koperassi dalam masyarakat.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pengertian Koperasi
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Koperasi berbentuk badan hukum sesuai dengan Undang-Undang No.12 tahun 1967 ialah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama, berdasarkan asas kekeluargaan.

2.2.Ciri-ciri koperasi

Ada beberapa hal pokok yang menjadi cirri-ciri dari koperasi. Hal tersebut antara lain adalah:

1.      Koperasi adalah kumpulan orang dan bukan kumpulan modal. Artinya, koperasi mengabdi dan menyejahterakan anggotanya.
2.      Semua kegiatan di dalam koperasi dilaksanakan dengan bekerja sama dan bergotong royong berdasarkan persamaan derajat, hak, dan kewajiban anggotanya yang berarti koperasi merupakan wadah ekonomi dan sosial.
3.      Segala kegiatan di dalam koperasi didasarkan pada kesadaran para anggota, bukan atas dasar ancaman, intimidasi, atau campur tangan pihak-pihak lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan koperasi.

4.      Tujuan ideal koperasi adalah untuk kepentingan bersama para anggotanya.
5.      Sifat sukarela pada keanggotannya
6.      Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam kopeerasi
7.      Koperasi bersifat nonkapitalis
8.      Kegiatannya berdasarkan pada prinsip swadaya (usaha sendiri), swakerta (buatan sendiri), swasembada (kemampuan sendiri).



2.3.Fungsi koprasi.
Ada banyak ungsi koprasi dalam masyarakat dan ngota masyarakat antara lain fungsi koperasi antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Memenuhi kebutuhan anggota untuk memajukan kesejahteraannya;
2.       Membangun sumber daya anggota dan masyarakat;
3.      Mangembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota;
4.       Mengembangkan aspirasi ekonomi anggota dan masyarakat di lingkungan kegiatan koperasi
5.      Membuka peluang kepada anggotanya untuk mengaktualisasikan diri dalam bidang ekonomi secara optimal.
2.4. Peran Koperasi
Ada banyak skali peran koperasi dalam kehidupan anggota nya, berikut beberapa peran koperasi dalam kegiatan nya:
1.      Wadah peningkatan tarat hidup dan ketangguhan berdaya saing para anggota koperasi dan masyarakat di lingkungannya;
2.       Bagian integral dari sistem ekonomi nasional;
3.      Pelaku stategis dalam sistem ekonomi rakyat;
4.       Wadah pencerdasan anggota dan masyarakat di lingkungannya.manfaat yang adil dari perusahaan di mana anggota aktifberpartisipasi.









BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


4.1    Kesimpulan
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Keanggotaan kopersi terdiri dari perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi. Badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas.
Dan banyak sekali manfaat dari koperasi jika kita menjadi anggota dari koperasi salah satu mamfaat nya adalah, memenuhi kebutuhan anggota untuk memajukan kesejahteraannya, mengembangkan aspirasi ekonomi anggota dan masyarakat di lingkungan kegiatan koperasi, membangun sumber daya anggota dan masyarakat;
 dan banyak lagi peran kopeasi dalam kehidupan anggota nya yang saanggat baik untuk kesejahteraan angotanya,hal itu juga bisa membantu ekonomi suatu masyarakat nmun itu juga memelukan ksadaran masyarakat tentang perlu nya koperasi dalam kehidup bermasyarakat.
3.2. Saran
            Sebaiknya ada kesadaran masyarakat tentang pentingnya koperasi dalam mebangun ekonomi masyarakat terutara anggota koperasi tersebut. Dan angota koperasi sebaiknya mampu memmamfaat kan koperasi dengan sebaik mungkin agar tercapai tujuan dari koperasi tersebut dengan baik.









DAFTAR PUSTAKA

DRS.Subandi,M.M.2011.Ekonomi Koperasi.Bandung: Alfabeta, CV.

Indrawan Rully. 2004.Ekonomi Koperasi.Bandung.Lemlit Unpas.

Warta Warga. 2009, 18 Desember. Kriteria Keberhasilan Koperasi.



Rabu, 17 April 2013

BAB II PIUTANG USAHA

PIUTANG USAHA
Secara umum piutang adalah merupakan hak atas uang, barang dan jasa kepada orang lain. Senada dengan hal tersebut Bambang Subroto (1991:63) berpendapat bahwa :
“Piutang adalah tagihan (klaim) kepada pihak lain atas uang, barang atau jasa yang untuk kepentingan Akuntansi”.

Jumat, 12 April 2013

Makalah Koperasi



MAKALAH

TEKNOLOGI KOMUNIKASI
disusun untuk memenuhi
tugas matakuliah Komunikasi Bisnis









Oleh:

Fulgensius Mulia                 2012110018
One Dyahyu K                     2012110037
Risna Karini                         2012110041
Silvia Dina S                         2012110050




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
2013

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kepada Tuhan YME, yang telah memberikan berkat dan anugerahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”TENOLOGI KOMUNIKASI” Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman. Kehidupan manusia tidak luput dari penggunaan teknologi informasi. Dampak teknologi bagi kehidupan kita sperti pisau yang bermata dua. Di sisi lain sangat bermanfaat dan sisi lainnya dapat merusak, maka dari itu kita perlu pintar-pintar melakukan filtrasi terhadap layanan-layanan teknologi yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari

                  Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.
Demikian, dengan terselesaikannya makalah ini kami sangat mengharapkan supaya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca baik untuk menambah wawasan, ilmu maupun keterampilan dalam mendalami dunia perekonomian indonnesia khususnya.
Kami menyadari bahwa tersusunnya makalah ini masih ditandai kekurangan sehingga saran dan kritik yang bersifat membangun sangatlah kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini dan demi menambah bekal kami bila mengerjakan tugas serupa dilain waktu.



                                                         Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

1.2.RUMUSAN MASALAH
  1. Teknologi Dalam komunikasi
  2. Teknologi Dalam Komunikasi Tertulis
  3. Teknologi Dalam Komunikasi Lisan
  4. Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi
1.3.TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan dari makalah penelitian ini adalah:
Agar masyarakat menjadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi komunikasi,serta menambah pengetahuan informasi akan dampak teknologi komunikasi terhadap masyarakat.
1.4.METODE PENULISAN

Metode penulisan makalah ini menggunakan metode pengamatan dan library research yaitu permasalahan diambil dari pengamatan dan dibahas menggunakan referensi yang relevan.
1.5.SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika pada makalah ini terdiri dari BAB I Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan,Metode Penulisan, dan Sistematika Penulisan. Pada BAB II yaitu pembahasan, dan Pada BAB III yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Teknologi adalah suatu ilmu untuk manusia dapat lebih mudah melakukan sesuatu lewat suatu benda atau suatu sarana. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000).
Perkembangan teknologi masa lalu dengan saat ini sangat berbeda. Pada masa lalu, seseorang mengirim pesan lewat dinding-dinding dengan cara melukis. Lalu semakin berkembang lewat adanya kertas, seseorang dapat mengirim surat, dengan bantuan burung merpati, hingga muncullah teknologi baru dengan mesin-mesin cetak, kita dapat mencetak berarus-ratus hingga ribuan tulisan dengan mesin tersebut, misalnya koran, majalah, dan sebagainya. Lalu pesawat telepon pun tidak mau kalah, yg dulunya pesawat telepon hanya dapat digunakan dari rumah ke rumah, sekarang dengan berkembangnya teknologi, terciptalah teknologi digital, misalnya handphone, yang dapat digunakan dengan jarak jauh. Bahkan tercipta juga teknologi komunikasi yang dapat bertatap muka dengan jarak jauh, seperti, ym, skype, dan sebagainya. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat.
Konsep teknologi sangat membantu memudahkan komunikasi antar manusia, dan teknologi sekarang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia untuk saling berinteraksi. Hanya saja dengan tambah berkembangnya teknologi, dunia serasa sempit, karena dengan adanya teknologi komunikasi yang canggih, manusia dapat dengan mudahnya bertemu (melalui internet seperti, ym, skype, dll).
2.2. Peran Teknologi Informasi
Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga kebuutuhan masnusia akan teknologi juga semakin banyak. Salah satu saat ini yang memanfaatkan teknologi informasi adalah perushaan.

Penggunaan IT dalam sebuah organisasi sangatlah penting, untuk menerapkan IT haruslah dilihat karakteristik organisasi tersebut. Apakah dengan IT mampu meningkatkan efisiensi sebuah perusahaan, sehingga dalam penerapan IT dibutuhkan orang yang handal yang dapat berjalan dengan baik. Peran teknologi informasi bagi sebuah perusahaan dapat kita lihat dengan menggunakan kategori yang diperkenalkan oleh G.R. Terry, ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:
1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping setelah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.

2. Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.

4. Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.

5. Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

 2.3.  Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis
Teknologi merupakan alat, teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, atau lebih banyak hasilnya (Haryani, 2001:72).
Teknologi telah menyusup ke dalam setiap praktik bisnis serta menciptakan keunggulan dan kemampuan komunikasi yang semakin canggih. Perkembangan teknologikomputer yang cukup dramatis telah menyebabkan perubahan dalam teknologi komunikasi tanpa harus mengubah unsur-unsur dasar proses komunikasi.
Kemajuan teknologi dalam komunikasi telah memungkinkan terciptanya kerja sama dengan berbagai pihak, kapan pun dan dimana pun berada. Penggunaan internet, e-mail, voice mail, dan faks memudahkan para pihak untuk bekerja tidak dalam satu lokasi. Bekerja tidak perlu dilakukan di kantor konvensional, tetapi juga bisa di rumah, di jalan, atau di berbagai negara. Komputer saku dan telepon genggam saat ini sudah cukup dijadikan ruang kerja yang mudah dibawa kemana saja. Teknologi tidak hanya mengubah cara-cara berkomunikasi, tetapi juga mengubah cara kerja.
Walaupun demikian, ada beberapa kelemahan dari kemajuan teknologi yang mesti diwaspadai. Menggunakan teknologi komunikasi ketika berada jauh dari kantor menimbulkan kesulitan untuk memisahkan antar kehidupan di kantor dengan kehidupan di rumah. Lebih lanjut lagi, teknologi internet bisa menghasilkan informasi yang berlebihan. Akibatnya, pelaku bisnis dibanjiri oleh informasi yang jauh lebih banyak daripada yang dapat diproses secara efektif.
Teknologi memberikan berbagai pilihan dalam melakukan komunikasi bisnis. Untuk membantu melakukan pemilihan teknologi komunikasi, Bovee dan Thill (2003:29) memberikan pedoman sebagai berikut :
1.Harapan penerima pesan
Setelah mengetahui siapa  penerima pesan, perlu dipertimbangkan lebih lanjut harapan penerima terhadap teknologi yang digunakan untuk mengirim pesan. Ada yang cukup puas menerima pesan melaluji telepon dan faks saja, tetapi ada pula yang menghendaki agar pesan dikirim melalui e-mail.
2.Waktu dan Biaya
Waktu menjadi faktor penting dalam memilih teknologi yang digunakan. Pesan yang mendesak biasanya dikirim melalui telepon, faks, atau internet dengan biaya yang relatif lebih mahal daripada pengiriman melalui pos. Sementara itu, pesan yang tidak mendesak dan kurang penting bisa dikirim melalui pos saja.
3.Sifat Pesan
Pesa-pesan tertentu yang memerlukan penjelasan rumit dan kompleks akan lebih baik bila disampaikan secara langsung melalui tatap muka. Sementara pesan yang memerlukan gambar tentu tidak tepat jika dikirim melalui telepon.
4.Perlunya Penampilan
Teknologi yang digunakan dalam berkomunikasi seringkali dijadikan salah satu indicator untuk menilai kemajuan perusahaan. Demikian pula untuk tujuan tertentu, pesan bisnis akan lebih baik bila dicetak dengan printer laser di atas kertas yang bermutu daripada dicetak di atas continuous form dengan printer dotmatrix.

Pelaku bisnis diharapkan memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan teknologi agar dapat berkomunikasi secara efektif. Kemampuan untuk menangani tantangan teknologi (misalnya kelebihan informasi dan keamanan data) juga sangat diperlukan. Teknologi hendaknya dipergunakan secara bijaksana. Penggunaan teknologi yang membabibuta akan merugikan perusahaan.

2.4.  TEKNOLOGI DALAM KOMUNIKASI TERTULIS

Komunikasi bisnis pada umumnya bersifat resmi. Pesan bisnis dapat dikomunikasikan secara lisan maupun tertulis. Pesan-pesan penting biasanya dikomunikasikan dengan dokumen tertulis. Dokumen tertulis dapat ditulis dengan tangan, diketik dengan mesin tik manual atau elektronik, dicetak dalam bentuk print-out, atau menggunakan e-mail.
Penulisan dokumen dengan tangan hampir tidak memerlukan teknologi sebagai alat bantu. Saat ini, hamper setiap perusahaan telah menyediakan bebagai alat bantu berupa hardware dan software computer untuk melakukan komunikasi bisnis tertulis.
Word Processor merupakan salah satu software yang banyak digunakan sebagai pengolah kata (teks). Word processor yang ada saat ini bukan lagi hanya sekedar sebagai pengganti mesin tik, tetapi sudah mampu memadukan antara teks dengan spreadsheet, gambar, atau grafik. Di samping itu, pembuatan satu dokumen dapat dilakukan secara bersama-sama (sharing) dan memudahkan proses editing.
Selain word processor, penulisan dokumen dapat juga menggunakan desktop publishing, misalnya aplikasi Page Maker. Software itu memiliki kemampuan lebih tinggi dalam menggabungkan teks dengan foto atau gambar dengan tampilan yang lebih menarik dan variatif. Desainer grafis banyak menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat majalah, buku, panduan, brosur atau poster.
Di samping komputer, alat bantu scanner juga sering digunakan untuk menyiapakan dokumen bisnis. Alat itu dipergunakan untuk menduplikasi teks atau gambar yang sudah ada tanpa perlu melakukan pengetikan atau penggambaran ulang. Selanjutnya, proses editing atas teks atau gambar yang sudah di- scan dilakukan dengan komputer.
Dokumen bisnis yang telah disiapkan menggunakan komputer, lalu dicetak dengan printer berwarna atau hitam-putih. Sebagai alat pencetak, printer bisa diperintahkan untuk melakukan pencetakan ulang atau penggandaan. Untuk keperluan yang sangat mendesak, penggandaan dapat juga dilakukan dengan mesin faks. Dengan alas an efisiensi, biasanya penggandaan dalm jumlah banyak dilakukan dengan mesin fotokopi. Saat ini, sudah banyak alat bantu yang multifungsi, misalnya satu alat bisa berfungsi sebagai printer, scanner dan sekaligus fotokopi.
Dokumen yang telah tercetak (hardcopy) didistribusikan kepada penerima pesan melalui mesin faks atau kurir. Hingga saat ini, mesin faks hanya mampu mengirimkan dokumen berwarna hitam-putih. Ada kalanya pencetakan dokumen tidak perlu dilakukan terlebih dahulu, tetapi dikirim langsung setelah file disimpan dalam bentuk softcopy (hardisk, floppydisk, dan compact disc) atau melalui electronic mail atau e-mail. Penerima akan membaca pesan langsung melalui komputer dan akan mencetaknya bila diperlukan.
Perusahaan bisa membentuk jaringan komunikasi elektronik terbatas untuk internal perusahaan yang berada dalam satu lokasi tetentu. Jaringan yang berada dalam satu lokasi itu disebut Local Area Network (LAN). Jaringan yang lebih luas untuk melakukan komunikasi antar lokasi yang berjauhan disebut Wide Area Network (WAN). Dalam era globalisasi saat ini telah berkembang jaringan komunikasi elektronik yang sangat luas dan melewati batas-batas wilayah negara yang disebut intenet. Agar dapat berkomunikasi melalui internet, diperlukan komputer, modem, saluran telepon, dan jasa layanan akses Intenet atau Intenet Service Provider (ISP).
Internet adalah jaringan komunikasi terbesar di dunia yang dapat diakses oleh individu, perusahaan, perguruan tinggi, pemerintah dan lembaga-lembaga lain di seluruh dunia. World Wide Web (www) merupakan bagian dari internet yang banyak digunakan untuk mengakomodasi informasi berupa grafik. Informasi biasanya disimpan dalam berbagai situs yang memiliki banayak halaman web. Agar dapat membaca halaman web diperlukan perangkat lunak web browser seperti Nestcape Navigator atau Internet Explorer.
E-mail atau pos elektronik merupakan salah satu keunggulan Internet yang paling bermanfaatuntuk bisnis. File berupa teks atau gambar, baik panjang atau pendek bisa dikirim dengan cepat ke seluruh dunia melalui e-mail. E-mail juga telah mendorong kerja sama yang lebih kuat antar karyawan dan memingkatkan produktivitas karena mampu meram[pingkan proses komunikasi. E-mail telah mengubah gaya komunikasi bisnis secara dramatis.




2.5.  TEKNOLOGI DALAM KOMUNIKASI LISAN

Sebagaimana telah diuraikan bahwa pelaku bisnis menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkomunikasi secara lisan. Dalam komunikasi lisan, pesan dikirim melalui suara dengan atau tanpa alat bantu.
Contoh, komunikasi lisan adalah bercakap-cakap melalui telepon, mendengarkan ceramah, menonton televisi, atau mendengarkan radio.
Ada alat bantu komunikasi lisan yang dapat dipergunakan secara individu dan ada juga yang bisa dipergunakan secara berkelompok. Pager, telepon dan voice mail merupakan contoh alat bantu komunikasi lisan individu. Saat ini, hampir semua pelaku bisnis menggunakan telepon genggam dalam melakukan komunikasi lisan. Telepon itu bahkan sudah dilengkapi dengan fasilitas voice mail dan internet.
Secara berkelompok, komunikasi lisan bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu sebagai berikut :

1.Teleconference
Saat ini, untuk dapat melakukan pertemuan atau rapat penting, para peserta rapat tidak harus berkumpul di satu tempat tertentu. Teknologi teleconference dapat membantu berlangsungnya pertemuan anatar beberapa orang yang berada di wilayah yang berjauhan. Pada pertemuan jarak jauh, para peserta bisa berdiskusi tanpa atau saling bertatap muka. Peralatan yang digunakan dalam konferensi jarak jauh tanapa bertatap muka disebut teleconference. Sementara bila mereka saling bertatap dalam jarak jauh, maka peralatan yang digunakan disebut video conference.
2. Presentation system
Apabila peserta penemuan berkumpul di satu tempat tertentu, peralatan presentasi sangat membantu jalannya komunikasi. Contoh peralatan presentasi mulai dari yang paling sederhana adalah:
Ø  Overhead Projector, alat bantu yang dapat memproyeksikan secara langsung material presentasi berupa plastik transparan yang ditulis tangan atau di cetak dengan printer.
Ø  Slide Projector, menggunakan material presentasi berupa film slide.
Ø  Direct Projector, projektor yang dapat memproyeksikanplain paper (kertas biasa) secara langsung (tanpa harus dikopi terlebih dahulu ke plastik transparan).
Ø  LCD Projector, merupakan peralatan proyeksi yang bisa menggunakan berbagai input,misalnya plain paper, transparancy, video, audio, CD/VCD player, komputer, dan handycam.
Pemilihan terhadap peralatan presentasi yang akan digunakan tergantung pada jumlah peserta, jenis material , atau input presentasi , luas ruangan, dan keadaan cahaya dalam ruangan pertemuan.
            Selain antar individu dan kelompok,komunikasi massa juga melibatkan alat-alat komunikasi lisan mekanis, seperti film , radio, dan televisi.  Televisi mampu menyita lebih banyak perhatian tanpa mengenal usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan pendidikan. Hal itu disebabkan televisi mampu menyatukan antara audio dan visual serta kemampuannya dalammemainkan warna. Disamping itu, penonton leluasa menentukan sendiri saluran mana yang disenangi. Walaupun demikian, televisi ternyata belum mampu menggeser penggemar radio. Hal itu disebabkan radio mudah dan cepat dibawa ke mana saja serta dapat dinikmati sambil melakukan pekerjaan lain.
2.6. PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KOMUNIKASI
Perkembangan teknologi telah mengubah komunikasi dalam bisnis dan menghadirkan tantangan baru. Pengaruh teknologi dalam komunikasi bisnis bisa positif bisa negatif. Selanjutnya, pengaruh positif teknologi akan diuraikan sebagai manfaat dan pengaruh negatif diuraikan sebagai kelemahan.
 Manfaat Teknologi Komunikasi
Menurut Boove dan Thill (2002:390), manfaat teknologi dalam komunikasi adalah :
1. Meningkatkan aliran komunikasi
Dengan teknologi , informasi mengalir lebih cepat dari sumber yang lebih banyak.
2.Mempermudah komunikasi
Individu dan organisasi semakin mudah melakukan komunikasi akibat adanya teknologi. Teknologi mampu mempersempit bahkan menghilangkan perbedaab jarak dan waktu.
3.Mengubah struktur organisasi
Mengubah struktur organisasi banyak mengalami perubahan akibat teknologi komunikasi. Berkomunikasi dengan atasan dan rekan sekerja tidak perlu dilakukan di satu lokasi dalam suatu pertemuan formal. Komunikasi bisa terjadi antara orang yang sedang berada di kantor dengan orang lain yang sedang berada di lapangan, di perjalanan atau di rumah.
4.Menurunkan biaya komunikasi
Teknologi mempermudah pembuatan dan pendistribusian informasi. Mudahnya pembuatan dan pendistribusian informasi akan mengakibatkan menurunnya biaya komunikasi.
Namun dari berbagai manfaat diatas terdapat berbagai pengaruh baik dari segi positif maupun negatif. Kita akan membahas dampak dari elemen teknologi populer seperti email, telepon, ponsel, dll, pada cara kita berkomunikasi. Ponsel dan internet secara harfiah adalah kebutuhan dasar sekarang ini. Kebanyakan orang akan merasa ada sesuatu yang hilang dalam kehidupannya, apabila tidak ada ponsel atau internet. Setuju ?

Ambil rutinitas sehari-hari dari seseorang di dunia kecerdasan teknologi ini. Hari dimulai dengan sebuah pesan 'good morning' di situs jejaring sosial dan berakhir dengan 'good night' di situs yang sama. Situs jejaring sosial menjadi sebuah dunia dalam diri mereka sendiri. Ada penggunaan ponsel dan internet secara terus menerus untuk komunikasi, hampir sepanjang hari. Untuk membuat proses cepat dan mudah, ada cara seperti email, teleconference, video conference, atau situs jejaring, di antara alat-alat lain. Mobiles, email, dan situs jejaring sosial adalah cara komunikasi yang paling populer di antara generasi sekarang.

Dampak Positif

Teknologi telah mengubah peristiwa besar dunia dan jauh ke dalam sebuah desa global yang kecil. Berkat teknologi, sekarang kita memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan siapapun dan di sisi dunia manapun.
  • Tidak ada hambatan: Komunikasi sekarang mudah; dalam sebuah situasi ketika anda ingin menyampaikan sesuatu yang penting kepada seseorang, ponsel dan email dapat berguna.
  • Memperkuat hubungan: Teknologi telah membuatnya mudah untuk tetap berhubungan dengan koneksi lama, dan juga membantu memperkuat hubungan tentunya.
  • Solusi yang lebih baik: Teknologi telah membawa dunia lebih dekat dan bertukar pemikiran untuk mencari solusi yang lebih baik atas masalah apapun.
  • e-School: Layanan seperti video conference memungkinkan untuk memberikan pendidikan terbaik pada siswa melalui pengajar ahli di web.
  • Dampak terhadap hubungan: Menemukan seseorang untuk kencan tidak begitu sulit, karena berkat situs-situs kencan dan chatting! Tidak seorangpun akan setuju jika saya mengatakan - Teknologi adalah rasional di balik kesuksesan hubungan jarak jauh. Video chatting dan situs jejaring sosial telah memainkan peran besar dalam menjaga orang untuk tetap berhubungan.
  • Pembangunan: Kemajuan teknologi dalam cara berkomunikasi telah mempercepat dalam pengambilan keputusan, dan menyebabkan pertumbuhan dan kemajuan dunia. Sebagian besar pebisnis tergantung pada teknologi untuk berkomunikasi.


Dampak Negatif

Efek negatif yang paling menonjol dari teknologi - daya tarik dunia lama yang baik telah hilang. Surat-menyurat dan percakapan face-to-face sebagian telah menghilang, yang telah digantikan oleh SMS atau chatting.
  • Dampak pada komunikasi interpersonal: Generasi saat ini tidak memiliki keterampilan interpersonal yang penting (kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide dan pemikiran kepada orang lain face-to-face). Alasan utama untuk kecenderungan ini adalah meningkatnya frekuensi komunikasi melalui SMS dan chatting di website.
  • Efek pada komunikasi nonverbal: Teknologi berarti juga dalam mempengaruhi komunikasi nonverbal. Kurangnya interaksi face-to-face telah mengurangi kekuatan menyerap nonverbal individu.
  • Dekat namun jauh: Terutama remaja yang selalu terhubung ke situs jejaring sosial. Mereka lebih dekat dengan teman-teman secara online, tetapi kesenjangan antara orang tua dan anak-anak terus meningkat pesat.
  • Mengurangi interaksi sosial: Pikirkan bersosialisasi dengan orang-orang. Kehidupan telah banyak berubah, tidak ada pertemuan sosial dan kumpul-kumpul (frekuensi telah berkurang). Orang lebih peduli pada kehidupan online mereka daripada kehidupan sosial yang nyata.
  • Menyebabkan banyak kecanduan: Orang-orang benar-benar menjadi kecanduan internet dan ponsel, dan kecanduan ini telah menyebabkan banyak kegelisahan. Orang-orang yang kecanduan internet merasa kesepian dan terisolasi.
  • Motif berbahaya: Banyak orang menyalahgunakan situs jejaring sosial dan berkomunikasi dengan seseorang yang tidak menaruh curiga dan berpura-pura menjadi orang lain. Orang dengan kecenderungan ini lebih banyak melakukan tindakan yang merugikan atau berbahaya daripada melakukan atau beritikad baik.
Seperti yang anda lihat, dampak teknologi pada komunikasi, baik positif maupun negatif. Tetapi secara logis, teknologi telah menjadikan proses komunikasi lebih baik. Poin positif dari kemajuan teknologi menutupi poin negatif. Itu semua tergantung pada bagaimana kita menggunakan cara ini, menggunakan sarana teknologi komunikasi untuk tujuan yang benar.
Dampak teknologi komunikasi dalam bisnis
Teknologi merupakan bagian integral dari semua bisnis sampai hari ini. Bahkan, akan sulit membayangkan bisnis tanpa koneksi teknologi. Berikut adalah beberapa cara yang dampak teknologi komunikasi dalam bisnis:
1. Sistem telepon dan email merupakan bagian integral dari komunikasi Anda dengan klien, pelanggan, dan bahkan sesama karyawan. Hari ini, semua orang dalam bisnis memiliki komputer dan email, dampak positif terhadap bisnis adalah bahwa ini adalah suatu bentuk komunikasi lebih cepat. Lagi pula, jika Anda melihat wajah orang-ke-muka Anda hanya bisa berbicara tentang sesuatu selain bisnis dalam email. Di sisi negatif, dampak dari mengganti komunikasi teknologi untuk komunikasi di-orang tidak cenderung untuk mengisolasi kita.
2.Aktifitas internet, tentu saja, sebuah anugerah teknologi yang bagus untuk komunikasi bisnis. Pemasaran usaha khususnya telah terpengaruh oleh kemajuan online. Bisnis berkomunikasi lebih efektif dengan audiens yang lebih luas, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk meraih pelanggan di luar koran lokal mereka dan untuk membuat merek mereka dikenal khalayak yang lebih besar.
3. TV dan media lokal juga terkena dampak komunikasi dalam bisnis. Mereka juga memiliki akses ke informasi lebih cepat dari sebelumnya. Karena kamera ponsel dan kamera video kecil, afiliasi dengar berita up-to-menit rincian peristiwa di seluruh dunia ketika mereka terjadi. Bisnis juga tahu apa yang kompetitor lakukan dan dapat mengikuti mereka jauh lebih dekat. Semua perkembangan dan kemajuan dalam teknologi telah memberi dampak komunikasi dalam bisnis dan cara kita melakukan bisnis.
4. Situs media sosial telah mengubah cara banyak perusahaan memasarkan produk mereka. Karena ketekunan di situs media sosial memungkinkan bisnis untuk mendapatkan kata keluar dengan cepat untuk pengikut mereka, bisnis iklan cetak perlu lebih sedikit.
5. Seketika komunikasi, perusahaan dengan mudah berbicara dengan, berkomunikasi secara elektronik dengan, dan bekerja dengan perusahaan, vendor dan pelanggan/klien melalui teknologi. Ini memiliki dampak komunikasi dan memfasilitasi komunikasi dalam perusahaan untuk sedemikian rupa sehingga perusahaan yang tidak mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi telah ditinggalkan atau akan segera.
Bisnis semakin menemukan dan menerapkan cara-cara baru untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi mereka. Peringatan untuk topik ini adalah bahwa bisnis harus yakin untuk menganalisis waktu yang dihemat dengan penerapan teknologi baru dan setiap pelanggan, klien mencapai dalam rangka untuk memastikan bahwa teknologi ini benar-benar bermanfaat bagi bisnis





BAB III
PENUTUP
3.1.KESIMPULAN

Teknologi sekarang kian mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam segala aspek kehidupan umat manusia. Begitupun juga ketika kita membicarakan mengenai teknologi komunikasi, maka ini juga telah mengalami perkembangan. Sedangkan teknologi komunikasi itu sendiri menurut Rogers,1986 adalah peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi. Dari yang dahulu pada zaman primif bentukkomunikasinya masih sangat sederhana, kemudian berkembang dan terus berkembang hingga akhirnya sampailah pada era digital seperti sekarang ini. Teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan sendiri kini juga mengalami perubahan yang sangat luar biasa dimana dengan adanya teknologi komunikasi yang canggih telah membawa banyak sekali dampak yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan itu sendiri. Dapat dilihat perkembangan tersebut diantaranya yakni sistem pembelajaran yang bersifat e-learning,serta hal lain yang bersifat teknis misal dengan adanya komputer, maka memberikan kemudahan pihak instansi pendidikan dalam pendataan dan lain sebagainya.
Lebih dari itu semua, perkembangan teknologi komunikasi sendiri pada hakekatnya tetap membawa berbagai dampak yang sangat luas, baik dampak positif maupun dampak negatif. Ketika dampak positif yang lebih berperan, maka akan sangat memberikan manfaat dalam kehidupan. Diantaranya menjadikan pekerjaan menjadi sangat mudah. Sebaliknya, ketika perkembangan teknologi komunikasi tersebut lebih menampilkan dampak negatifnya, maka akan muncul masalah baru diantaranya cyber crimedan lain sebagainya. Untuk itu setiap pengguna teknologi haruslah mempunyai sikap yang kritis serta skeptis terhadap teknologi komunikasi.

2.      SARAN
a. Dalam pengunaan alat TIK diminta kepada penguna yang dibawah umur, harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah bimbingan dari guru
b. Bagi para penguna yang lain gunakanlah sesuai dengan kegunaan nya masing masing
c. Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat memblokir situs –situs yang tidak boleh dibuka.




DAFTAR PUSATAKA

Citizen Journalism edisi sabtu, 3 Desember 2011
http://forum.kompas.com/internet/206391-dampak-positif-negatif-perkembangan-teknologi-informasi.html

http://computers-inc.blogspot.com/2012/03/dampak-teknologi-informasi.html


http://tugas-komunikasi-bisnis.blogspot.com/2012/06/teknologi-dalam-komunikasi-tertulis.html
Rusman,Deny Kurniawan, Cepi Riyana. Pembelajaran berbasis TIK. 2011. Rajawali Press : Jakarta
http://computers-inc.blogspot.com/2012/03/peran-teknologi-informasi.html